Jenis Kain untuk Tirai Kupu-kupu

Pada dasarnya, tirai kupu-kupu adalah jenis tirai yang dapat menggunakan banyak jenis bahan kain, seperti: bahan sutra, bahan satin , bahan katun dan banyak lagi yang  lainnya. Tetapi bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat tirai kupu-kupu ini adalah katun, linen, atau sutra. Anda dapat memilih jenis bahan kain sesuai dengan selera dan kebutuhan anda atau anda juga dapat menyesuaikan dengan anggaran anda.

Berikut jenis-Jenis bahan kain yang dapat digunakan untuk tirai kupu-kupu sebagai berikut :

• Kain Sutera

Jenis kain pertama yang akan kita bahas adalah jenis kain sutera. Jenis kain ini mengandung kain paling lembut dan paling banyak ditenun menggunakan serat alami. Kain sutera ini terbuat dari larva kepompong ulat sutera. Kain dari kain sutera terlihat mengkilap, yang membuatnya mewah. Kain sutra Cina dan India lebih ringan dan lebih nyaman bila digunakan sebagai tirai kupu-kupu yang indah untuk menghiasi ruangan di rumah anda.

•Kain Satin

Kain satin juga bisa menjadi pilihan kain yang bisa dijadikan tirai kupu-kupu. Kain yang terjangkau, tetapi mampu menunjukkan kesan mewah di rumah Anda. Tirai satin ini memiliki karakter cerah yang khas dan sangat lembut dan digantung dengan indah. Jenis kain ini sangat baik untuk jendela yang sangat besar.

• Kain Timbul (Embosh)

Kain Embosh adalah sejenis kain terstruktur timbul dengan pola dan warna yang indah. Banyak orang menggunakan kain ini sebagai  opsi untuk bahan gorden. Kualitas bagus dan penampilan mewah akan membuat kamar Anda elegan. Kain ini sangat mahal dibandingkan kain lainnya.

•Kain katun

Kain katun relatif lebih murah daripada jenis kain lainnya. Permukaan kain ini lembut dengan ornamen dicetak. Jenis kain ini juga dapat ditenun menjadi kain pelapis yang terbuat dari kedua jenis kain katun tipis, tebal atau berat. Tampilan jenis kain katun ini lebih sederhana, dengan banyak pilihan warna dan pola, serta praktis dan tahan lama. Bahan katun ini terbuat dari serat kapas, yang sangat memudahkan modifikasinya.

•Kain Wol

Bahkan kain wol terbuat dari bahan alami, terbuat dari wol, untuk mendapatkan tekstur keriput alami. Kain ini juga lembut dan hangat, biasanya di kulit domba.

•Kain Linen

Kain Linen memilikibstruktur  kainyang  kering yang , sehingga lembut, tahan lama, dan mudah dilipat. Harga kain lenin jauh lebih mahal daripada harga kain katun, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk diproduksi.

•Kain Bahan Chenille

Chenille adalah jenis kain yang cenderung berat dan memiliki tekstur yang agak tebal. Cetakan tebal milik kain ini membuatnya lebih klasik dalam hal menjahit dan digunakan sebagai tirai rumah. Jenis kain ini lebih tahan, tidak mudah robek dan dikenal  lebih tahan lama, meskipun sulit dibersihkan jika memiliki noda.

• Kain Brukat Murah

Kain berikutnya yang bisa anda gunakan untuk membuat  tirai kupu-kupu adalah jenis renda/brokat. Jenis ini ditemukan di banyak toko kain dengan berbagai gaya dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  Rumah-rumah di Indonesia menggunakan bahan brokat yang cukup untuk menutup jendela.

• Kain Blackout

Kain blackout adalah jenis kain yang terlihat kaku. Penampilan yang kaku dari jenis kain ini membuat lebih mudah dibentuk  dan dijahit.Kain ini lebih fleksibel dan juga dapat digunakan dalam jenis tirai kupu-kupu. Kain yang halus, lembut dan mudah dibersihkan adalah opsi yang dapat anda gunakan untuk membuat gorden atau tirai kupu-kupu.

Demikian beberapa tips dan jenis kain yang bisa anda gunakan untuk tirai kupu-kupu di rumah, di kantor atau di gedung  dan lainnya. Kami berharap informasi di atas bermanfaat dan menjadi solusi ketika memilih kain gorden mana yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *